Tips Melindungi Seorang Chef di Dapur

Setiap profesi pasti memiliki pekerjaan yang berbeda-beda sesuai dengan bagiannya. Demikian halnya pakaian yang dipakai akan tidak sama karena sesuai dengan bagian pekerjaan. Seperti satu diantaranya profesi seseorang chef yang bekerja di dapur, sudah pasti akan tidak sama dengan baju dan atribut yang dipakai oleh akuntan yang kenakan pakaian khas kantor.

Seseorang juru masak ataupun chef sangat mengutamakan kebersihan dan keselamatan dalam bekerja. Profesi ini dituntut untuk memproses hidangan dengan cara higienis dalam keadaan sanitasi perlengkapan maupun ruang yang baik. Diluar itu, aspek keselamatan bekerja penting juga dipahami dan ditempuh oleh seseorang chef karena bagian ini lekat dengan beberapa piranti yang memiliki kemungkinan kecelakaan kerja yang cukup tinggi.

Untuk mensupport pekerjaan seseorang chef, kelengkapan atribut yang dipakai telah jadi standard yang perlu diaplikasikan baik lingkup dapur restoran maupun hotel. apabila seseorang chef sekurang-kurangnya memakai seragam standard seperti, hat cook, necktie, double breasted jacket, apron, side towel, trousers dan safety shoes.

Hat cook jadi salah satu ciri khas seseorang chef. Awal mulanya hat cook berwarna putih dengan bentuk seperti tabung maupun jamur dan memiliki pori-pori di bagian atas untuk aliran hawa. Bentuk hat cook yang tinggi tunjukkan posisi seseorang chef dan biasanya yang kenakan yaitu executive chef. Bersamaan perubahan zaman, design, bentuk dan warna hat cook pun beragam, namun masih tetap memiliki manfaat utama, yakni menghindar rambut rontok dan jatuh ke pada makanan dan menyerap keringat di dahi. Bahan yang dipakai pada hat cook dapat berbentuk kertas maupun kain katun. Hat cook yang di buat dari kertas biasanya hanya sekali gunakan. Atribut lain yang dipakai chef yaitu necktie (dasi/syal) yang melingkar di leher dan dipakai untuk menyerap keringat di sekitar leher agar tidak menetes ke makanan. Tetapi saat ini pemakaian necktie sesuai sama design double breasted jacket (pakaian koki). Saat ini necktie sedikit dipakai karena biasanya design kerah pakaian chef telah menutupi leher dan segera menyerap keringat. Perhatikan juga alat-alat yang riskan dengan kecelakaan atau benda-benda yang mudah terbakar. Letakkan benda yang mudah terbakar dari kompor seperti minyak atau gas, Pakai bahan bakar berkwalitas untuk kurangi kecelakaan kerja.

Keadaan dapur yang panas pasti memerlukan baju yang nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Double breasted jacket jadi baju harus seseorang juru masak, baju ini di desain berlapis dibagian dada, berlengan panjang dan di buat dari kain katun yang agak tebal membuat perlindungan dada dari panas api, makanan atau cairan yang menyiram badan. Sama dengan design hat cook, pada double breasted jacket juga alami pergantian dari mulai design, motif sampai warna. Double breasted jacket dianjurkan berwarna putih agar dapat diliat seberapa jauh seseorang chef melindungi kebersihan seragam dan atributnya selama bekerja. Demikian perihal trousers atau celana panjang yang dipakai chef. Trousers harus di buat dari kain yang mudah menyerap keringat dan memilih warna gelap agar tidak terlihat kotor.

Apron atau sering dimaksud celemek, harus dipakai oleh chef dengan maksud membuat perlindungan jacket dan trousers dari kotoran. Sama dengan double breasted jacket yang beragam warna, apron pun bukan sekedar berwarna putih namun biasanya ikuti dengan warna baju yang dipakai. Panjang apron diupayakan sampai lutut dan lebar, agar celana terlindung dari kotoran. Agar tangan seseorang chef terbangun kebersihannya, sehelai side towel harus selalu ada dan disisipkan di pinggang. Side towel biasanya di buat dari kain yang tebal dan mudah menyerap air.

Pekerjaan seseorang chef banyak bertemu segera dengan kecelakaan kerja, semisal terpeleset karena lantai basah dan licin, terlindas roda troli maupun kejatuhan barang berat. Satu atribut lagi yg tidak dapat dilupakan yaitu sepatu safety. Sesuai sama namanya, safety shoes dipakai membuat perlindungan kaki dari peluang kecelakaan kerja di dapur. Sepatu ini memiliki basic berbahan karet tebal agar tidak mudah slip dan di bagian atas dilindungi besi baja yang dilapis dengan kulit, agar kaki aman dari kejatuhan benda berat.

Semua atribut harus dijaga kebersihannya sehari-hari. Biasanya di hotel, atribut seperti necktie, double breasted jacket, trousers, maupun apron di-laundry sehari-hari dan karyawan selalu memakai baju yang bersih sehari-hari. Dengan memakai baju yang diseragamkan pastinya akan memberi efek positif baik untuk pemakai maupun orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s