ALAT-ALAT KESELAMATAN JIWA YANG ADA DI KAPAL

Related image

Setiap kapal baik itu kapal passenger (penumpang) atau kapal barang sudah merupakan kewajiban kewajiban mereka menyediakan alat-alat keselamatan itu dan biasanya perlengkapan/alat-alat keselamatan itu terdapat ditempat yang mudah di jangkau, baik itu oleh crew kapal tersebut ataupun penumpang.

Di antara alat-alat keselamatan jiwa yang ada di kapal yakni :

  1. Sekoci (Life boat)
  2. Dewi-dewi (Live boat davits)
  3. Pelampung (Life buoys)
  4. Jaket penolong (Life jacket)
  5. Rakit penolong (Liferaft)
  6. Pelempar tali penolong (Line trowing apparatus)

1. Sekoci (Life Boat)

Sekoci adalah perahu kecil yang berada di kanan dan kiri kapal bagian atas tepatnya di deck sekoci, Pada kapal barang biasanya ada dua sekoci, sedang pada kapal penumpang atau pesiar jumlahnya sesuai sama besar kecilnya kapal itu. sekoci biasanya sejumlah 12 buah. sekoci-sekoci itu biasanya terbuat dari logam, kayu atau serat, fiber

Tenaga penggerak sekoci ini biasanya dibagi jadi dua bagian yakni : ada yang bertenaga gerak memakai mesin/motor dan ada juga yang diperlengkapi dengan dayung. Di dalam sekoci biasanya telah ada sebagian peralatan jiwa seperti makanan, minuman, obat-obatan dan alat bantu untuk mencari pertolongan kekapal lain yang tengah berlayar di sekitar sekoci. Di dalam sekoci diperlengkapi minyak peredam ombak agar penumpang di atas sekoci itu tidak mabuk laut.

2. Dewi-dewi (Life boat davits)

Bobot sekoci yang ada di kapal cukup berat, hingga mustahil dinaik turunkan dengan hanya memakai tenaga manusia. oleh karenanya, semua sekoci hatus di beri kelengkapan untuk fasilitas penaikan dan penurunan yang aman, alat yang dipakai sekoci itu dimaksud dengan davits atau dewi-dewi.

3. Pelampung (Life buoy)

Life buoy ini berupa seperti ban mobil, pelampung ini akan dilempar kelaut bila ada seorang yang jatuh kelaut, alat ini biasanya terbuat dari gabus pejal dan tahan pada minyak, pelampung ini memiliki warna yang mencolong yang mudah dikenali, pada pelampung biasanya terdapat nama kapal atau tempat kapal itu terdaftar

4. Jaket penolong (Life jacket)

Life jacket (Jaket penolong) berupa seperti pakaian, jaket ini digunakan penumpang agar mudah terapung dilaut ketika terjadi kondisi darurat. Jaket penolong juga biasanya memiliki warna yang mencolok agar mudah diliat, jaket ini dapat diperlengkapi dengan peluit yang dihubungkan dengan tali untuk menarik perhatian penolong. Selain itu gunakan sepatu safety online untuk perlindung terhadap kaki agar terhindar dari slip atau terpeleset.

5. Rakit penolong (Liferaft)

Rakit penolong terdiri dari 2 type, yakni rakit kaku dan rakit yang diperkembang, ke-2 rakit ini dipakai bila tidak berhasil turunkan sekoci, rakit penolong biasanya diperlengkapi penutup sesuai ukurannya hingga dapat membuat perlindungan penumpang, warna rakit ini biasanya mencolok, seperti warna jingga (Orange) sampai di ketahui keberadaannya.

Sesaat rakit yang diperkembang berupa kapsul yang besar dan diperlengkapi dengan tali pembuka yang panjang. pemakaiannya tinggal dilemparkan kelaut dan ditarik, maka rakit automatis mengembang dan siap untuk digunkan, didalamnya juga terdapat peralatan keselamatan jiwa seperti makanan, minuman, obat-obatan. kemampuan rakit sesuai ukuran dan yang dapat menyimpan 25 orang.

6. Pelempar tali penolong (Line trowing apparatus)

Alat ini dipakai saat kondisi darurat, alat pelempar tali ini harus dapat melempar tali paling dekat sejauh 230 mtr..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s