Alat Pelindung Diri Untuk Pemaparan Bahan Berbahaya

Пов’язане зображення

Apabila pemaparan bahan berbahaya tidak cukup dikontrol dengan memakai cara yang telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya, maka perlu juga dipakai Alat Pelindung Diri (APD) diantaranya type :

1. Respirator, yang membuat perlindungan pada debu, uap dan gas. Pastikan kalau type respiratornya benar untuk pekerjaannya ; masker debu akan tidak membuat perlindungan pada uap atau semacamnya.

Apabila respiratornya memiliki patrun (cartridge/penyaring), pastikan yang terpasang yaitu sesuai untuk type pekerjaannya, tidak jadi sempit atau buntu, dan masih tetap dalam saat gunakan (banyak filter yang memiliki saat batas waktu gunakan).

Yaitu penting kalau respirator terpasang dengan baik dimuka. Pastikan pemakai tahu bagaimana kenakan alat ini dan mengecek keadaannya.

2. Baju pelindung, seperti coverall, sepatu boot, sarung tangan, diperlukan pada ada beberapa bahan korosif.

3. Pelindung mata, seperti goggles, kacamata, atau pelindung muka. Pelindung mata yaitu penting, membuat perlindungan pada percikan bahan cair korosif dan benda-benda beterbangan. Pelindung muka membuat perlindungan semua muka.

4. Pelindung kaki, seperti sepatu safety terbaru fungsinya untuk melindungi kaki agar terhindar dari terpleset, tergelincir atau kejatuhan benda berat dari atas.

Pilih APD dengan cermat. Tetapkan perlengkapan degan kwalitas yang baik. Biarlah pemakai menolong untuk memilih alat, yang bisa membuatnya makin ingin untuk memakainya.

Terangkan pada pemakai kenapa harus memakainya dan membuat perlindungan pada bahaya apa sajakah. Pemakai perlu tahu bagaimana alat itu bekerja dan pemeliharaan harus dilakukan pada alat itu. Pantau pemakai untuk meyakinkan kalau alat pelindung digunakan dan dipakai dengan benar.

Memelihara alat dengan cara periodic dan check rusaknya yang terjadi. Taruh di tempat yang kering dan bersih, dan ada perlengkapan pengganti dan cadangannya.

Pastikan kalau APD tidak jadi sumber pencemaran dengan melindungi bagian dalam pelindung debu dan sarung tangan tetaplah bersih. Taruh di dalam kotak atau lemari yang bersih, janganlah dilewatkan tergeletak di tempat kerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s