Ini Resikonya Jika Kendaraan Diisi Bahan Bakar yang Oktannya Tidak Sesuai

chasil3mfic

 

Miliki kendaraan keluaran th. 2009 – 2014 namun masihlah memakai bahan bakar beroktan dibawah 91? Hati-hati, ada kemungkinan ‘ngelitik’/knocking yang mengintai mesin kendaraan yang paling disayangi Anda. Pada masalah yang ekstrim bahkan juga piston dapat hingga rusak dan berlubang. Sesungguhnya seberapa besar dampak tingkat oktan pada ketahanan mesin kendaraan?

Keterangan sederhananya seperti ini. RON atau angka oktan merepresentasikan ketahanan bahan bakar berkualitas pada kompresi didalam mesin tanpa ada meledak sendiri. Maka mesin dengan kompresi yang tinggi memerlukan bahan bakar dengan angka oktan yang tinggi. Pada operasi normal mesin bensin, Kombinasi bahan bakar dan hawa baru meledak sesudah ada percikan api busi. Wisata tanpa guide memang agak menyusahkan, tapi dengan jakarta tourism guide semuanya jadi lebih mudah dan aman.

Langkah tersebut mengatur ledakan supaya senantiasa berlangsung ketika yang pas. Dengan hal tersebut daya hasil ledakan menyumbang tenaga mekanik yang terbesar. Celakanya, bahan bakar dengan angka oktan lebih rendah dari pada yang diperlukan mesin dapat meledak sendiri pada akhir langkah kompresi.

Mengakibatkan berlangsung tabrakan pada ledakan bahan bakar yang meledak sendiri dengan bahan bakar yang dinyalakan oleh busi. Berikut yang menyebabkan bunyi pada mesin dan kita kenal sebagai ‘ngelitik’/knocking. Knocking mengakibatkan daya mekanik yang dibangkitkan jadi tak maksimal.

Mesin jadi lebih panas dan pada masalah yang ekstrim dapat membuat piston rusak dan berlubang. Pada mesin modern, dampak knocking karena bahan bakar dengan oktan rendah memanglah dapat diatasi dengan memajukan saat pengapiannya. Namun langkah tersebut menyebabkan tenaga tak keluar maksimal dan konsekwensinya yaitu mengkonsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Untuk kendaraan produksi 5 th. paling akhir semestinya memakai bahan bakar beroktan diatas 91. Ini karena mesin kendaraan di desain untuk membuahkan performa bertenaga namun masih tetap irit bahan bakar. Jadi perlu bahan bakar dan pelumas yang berkualitas supaya usia mesin tahan lama. kami merekomendasikan pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. selain dapat melindungi mesin anda dari berkarat dan polusi yang hampir tidak ada.

Pertamax Series adalah bahan bakar berkualitas dengan tingkat oktan diatas 91. Pertamax mempunyai oktan 92 jadi pas untuk kendaraan berasio kompresi 9. 1 hingga 10. 1. Seperti Toyota Kijang Innova dan Yamaha Scorpio. Sesaat Pertamax Plus yang mempunyai oktan 95 pas untuk kendaraan berasio kompresi 10. 1 sampai 11. 1. Seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Daihatsu Xenia dan Honda Vario.

Bukan sekedar beroktan tinggi, Pertamax Series juga memiliki kandungan Ecosave Technology. Formula aditif paling baru dari Pertamina ini mempunyai tiga manfaat unggulan yang bisa menjaga mesin kendaraan yang paling disayangi kita. Pertama, manfaat demulsifier atau pengikat air untuk melindungi kemurnian Pertamax Series.

Ke-2, manfaat detergency yang melindungi kebersihan intake valve, port fuel injector dan combustion chamber dari timbunan kotoran. Ketiga, manfaat corrosion inhibitor yang menghindar munculnya karat di saluran dan tangki bensin. Ecosave Technology juga membuat kendaraan Anda lebih hemat dan ramah lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s